Selasa, 27 Maret 2012

Membaca Peluang Usaha

Posted by Sherly Malinda Djamalu at 22.16

Berbicara mengenai peluang usaha mungkin sedikit membingungkan bagi anda, apalagi anda yang bisa di bilang pemula. Peluang usaha sebenarnya bukanlah sesuatu yang bisa di lihat dari seberapa lama kita membaca atau mempelajari usaha tersebut. Melainkan bagaimana kita mengembangkan usaha yang kita jalani tersebut. Karena peluang usaha akan datang sejauh mana seseorang itu siap menerima peluang itu. Termasuk dalam hal ini peluang bisnis dan kemajuan bisnis baru.

Dalam dunia bisnis yang berkembang dengan teramat cepat, Jika kita tidak pandai menyesuaikan diri maka kita akan tergilas. Disinilah pentingnya kejelian dalam membaca peluang dan keberanian mengambil sikap atas kemungkinan – kemungkinan. Factor penting dalam hal ini adalah kemampuan mengelola informasi yang berkaitan dengan bisnis kita. Contohnya : Peluang Toko Online - Saat ini, jika kita pintar dalam membaca peluang usaha atau peluang berbisnis maka berbisnis sudah bukan lagi hal yang sulit dilakukan. Tidak terikat waktu, pendidikan, tempat, dan toko sekalipun. Banyak orang yang takut untuk mengeluarkan sejumlah rupiah untuk menyewa kios / toko untuk menjajakan barang dagangannya. Hal itu dikarenakan sewa toko merupakan fix cost (biaya tetap), dimana akan selalu keluar tanpa peduli income mencukupi atau tidak.

Namun, di era informasi dan teknologi seperti sekarang ini, hal itu tidak terjadi lagi. Banyak sekali pengusaha yang menjual produk & jasanya melalui toko onlinenya di internet. Omzetnya pun tidak main-main dan tidak kalah dengan yang membuka toko riil. Seperti Manet toko busana muslim milik pendiri komunitas TDA (Tangan Di Atas), Badroni Yuzirman, yang bisa beromzet ratusan juta rupiah per bulannya hanya dengan berdagang online.

Modal yang dibutuhkan pun terbilang sedikit. Paling tidak hanya membutuhkan sebuah computer / laptop dan perangkat internet. Hal lain seperti sms centre, telpon customer service hanya merupakan pendukung. Dan, yang lebih penting, membuka toko online di internet sama saja artinya seperti anda membuka toko di tengah-tengah Miliaran penduduk yang siap datang ke toko anda 24 jam sehari. Karena, siapapun dapat mengakses toko online anda, walaupun dari belahan bumi dan waktu yang berbeda.

Dalam melakukan usaha melalui toko online kita bisa memasarkannya melalui jejaring social facebook, kaskus, twitter dan sebagainya. di mana seperti yang kita ketahui jejaring - jejaring social ini telah hampir seluruh orang di dunia mengaksesnya. atau andapun bisa membuat website sendiri untuk mempromosikan usaha anda. karena banyak pihak mengatakan, kredibilitas toko online yang menggunakan media facebook ataupun jejaring social lainnya lebih rendah dibanding yang memiliki website sendiri. Artinya, customer lebih percaya untuk melakukan belanja online ke toko online yang memiliki situs resminya sendiri.
Namun, apapun itu, peluang usaha di era seperti ini terbuka sangat lebar. Tinggal bagaimana kita menangkap peluang dan memenangkannya.
 

Welcome... ;) Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting