Sebagai bentuk komitmen Indosat
dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, Indosat telah melaksanakan
berbagai progam yang kami harapkan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat
Indonesia untuk menjadi lebih baik.
Corporate Social Responsibility
yang kami lakukan tidak terbatas hanya pada pengembangan dan peningkatan
kualitas masyarakat pada umumnya, namun juga menyangkut tata kelola perusahaan
yang baik (Good Corporate Governance). Kepedulian terhadap pelanggan,
pengembangan Sumber Daya Manusia, mengembangkan Green Environment serta
memberikan dukungan dalam pengembangan komunitas dan lingkungan sosial. Setiap
fungsi yang ada, saling melengkapi demi tercapainya CSR yang mampu memenuhi tujuan
Indosat dalam menerapkan ISO 26000 di perusahaan.
Penerapan
CSR Indosat mencakup 5 inisiatif, yang dilakukan secara berkesinambungan yaitu :
1.
Organizational
Governance
Penerapan tata kelola Perusahaan terbaik termasuk mematuhi
regulasi dan ketentuan yang berlaku, berlandaskan 5 prinsip: transparansi,
akuntabilitas, pertanggungjawaban, interpendensi dan kesetaraan.
2.
Consumer
Issues
Menyediakan dan mengembangkan produk dan jasa telekomunikasi
yang memberikan manfaat luas bagi pemakainya, layanan yang transparan dan
terpercaya.
3.
Labor
Practices
Mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan
dan karyawan serta pengembangan sistem, organisasi dan fasilitas pendukung
sehingga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi Perusahaan.
4. Environment
Mengembangkan budaya peduli lingkungan termasuk upaya-upaya nyata untuk mengurangi penggunaan emisi karbon dalam kegiatan perusahaan.
Mengembangkan budaya peduli lingkungan termasuk upaya-upaya nyata untuk mengurangi penggunaan emisi karbon dalam kegiatan perusahaan.
5.
Community
Involvement
Ikut mengembangkan kualitas hidup komunitas dalam hal kualitas
pendidikan sekolah dan olahraga, kualitas kesehatan, serta ikut serta dalam
mendukung kegiatan sosial komunitas termasuk bantuan saat bencana/musibah.
CSR Goal Indosat
Bertumbuh, mematuhi ketentuan
dan regulasi yang berlaku serta Peduli kepada masyarakat. Program CSR di tahun 2008
memiliki tema khusus “Indosat Cinta Indonesia”, yang kemudian pada tahun 2009,
tema CSR Indosat berkembang menjadi “Satukan Cinta Negeri” sebagai bentuk
refleksi komitmen dan tanggungjawab Indosat sebagai perusahaan di Indonesia
yang Peduli atas kesejahteraan masyarakat dan lingkungan, serta upayanya untuk
senantiasa berkarya, memberikan manfaat, serta mengajak peran serta seluruh
stakeholder untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih baik, yang merupakan
terjemahan dari keinginan masyarakat pada umumnya untuk
terlibat secara aktif dalam berbagai program sosial Indosat.
Dalam hal ini Indosat memiliki tiga pilar inovasi yang
didorong untuk kegiatan CSR, yaitu inovasi, perempuan, dan rural. Tapi selain
tiga pilar tadi, CSR Indosat juga difokuskan pada sejumlah program kegiatan di
bidang pendidikan (Indonesia Belajar), layanan kesehatan (Indonesia Sehat),
penyaluran dana untuk kegiatan sosial (Berbagi Bersama), pemulihan pascabencana
(Indosat Peduli), dan pelestarian lingkungan hidup (Indonesia Hijau).
Program
Indosat “Satukan Cinta Negeri” diterapkan melalui berbagai aktifitas antara
lain adalah :
·
Dalam Bidang Pendidikan
Dalam
bidang pendidikan, Indosat aktif mendonasikan anggaran CSR-nya untuk
menyediakan perangkat komputer, koneksi internet broadband, proyektor
multimedia, dan perangkat lunak pendidikan ke puluhan sekolah. Indosat Cyber
School (ICS) merupakan wujud dorongan Indosat dalam proses belajar mengajar
serta menumbuhkan minat siswa terhadap bidang studi sains.
·
Dalam Bidang
Pelatihan
ICS
juga memberikan pelatihan kepada para guru untuk mengoptimalkan pemanfaatan
software sains yang telah diberikan. Tahap pertama ICS dilakukan pada 2009
kepada 103 SMU dan dilanjutkan pada 2012 sebanyak 50 SMU. Dengan begitu, sudah
153 SMU di seluruh Indonesia telah menikmati program ICS. Khusus untuk tahapan
kedua yakni pada 2012, Indosat memberikan pelatihan bagi perwakilan guru fisika
dari 50 sekolah. Pelatihan ini diharapkan bisa mengoptimalkan pemanfaatan
software dan internet serta media digital / online dalam proses belajar - mengajar.
·
Kegiatan
Sosial Dibulan Ramadhan
Selain itu sebagai bagian dari
kegiatan Corporate Social Responsibility-nya (CSR), Indosat menyelenggarakan
berbagai kegiatan sosial bagi masyarakat dengan melibatkan seluruh segmen stakeholder-nya,
baik pelanggan, mitra maupun karyawan di bulan ramadhan karena bulan ramadhan
merupakan bulan 1000 Berkah bagi umat muslim sedunia.
Berbagai
kegiatan sosial tersebut antara lain program Tweet 1000 Berkah oleh pelanggan, Poin
1000 Berkah oleh pelanggan, Buka Puasa dan Donasi Anak Yatim.
Donor Darah oleh karyawan dan mitra, Paket Buka Puasa Keluarga Pasien Rumah
Sakit di 10 Area di Indonesia. Dalam bulan Ramadhan ini, Indosat hadir di Banda
Aceh untuk memberikan Donasi Korban Gempa Bumi Aceh yang terjadi
baru-baru ini dan Donasi untuk 2 Sekolah SD di Aceh yang dibangun oleh
Indosat pasca tsunami Aceh tahun 2004. Disamping itu, berbagai kegiatan bagi
karyawan dilaksanakan bulan Ramadhan ini antara lain Buka Puasa Karyawan,
Kajian Zuhur, Lomba-lomba Islami dan Penyaluran Zakat Infaq Shodaqoh.
Tweet 1000
Berkah adalah program tweet oleh pelanggan dimana untuk setiap tweet Indosat
akan mendonasikan Rp 100,-. Sementara Poin 1000 Berkah adalah program oleh
pelanggan yang dapat mendonasikan poin yang dimilikinya dari penggunaannya atas
layanan selular Indosat. Dana yang terkumpul akan disalurkan untuk program
pendidikan bagi anak yatim dan membantu sekolah-sekolah yang rusak.
Selain program Tweet 1000 Berkah dan Poin 1000 Berkah untuk
pelanggan, Indosat juga meluncurkan dalam bulan Juni sejumlah paket layanan
Ramadhan untuk pelanggan dengan tema “Ramadhan Bulan 1000 Berkah”, antara lain
program Gratis 1000 MB Internetan, Gratis 1000 menit Nelpon+ Gratis 1000 SMS
hanya dengan isi ulang pulsa mulai Rp. 10ribu, Promo paket
BlackBerry Gaul Banget. Dengan tarif Rp 55ribu/bulan, LayananVAS
Ramadhan, Promo Tarif Telekomunikasi saat Umroh, dan Promo Roaming Holiday bagi
pelanggan yang ingin merayakan Lebaran di luar negeri.
·
Program Donor Darah
Sementara itu program Donor Darah kali ini merupakan program Donor Darah
pertama Indosat yang diselenggarakan pada bulan Ramadhan. Sebelumnya karyawan
bersama mitra perusahaan telah menyelenggarakan program donor darah rutin
setiap 3 bulan sekali. Program Kunjungan ke Keluarga Pasien di rumah sakit juga
menjadi program pertama kalinya dilaksanakan Indosat di 10 kota di seluruh
Indonesia, antara lain di Jakarta, Bekasi, Bandung, Semarang, , Surabaya,
Medan, Palembang, Balikpapan, Makasar dan Mataram.
Program yang telah
dilakukan akan terus berjalan dan ditingkatkan kualitasnya. Seluruh program CSR
yang dilaksanakan oleh Indosat akan terus dievaluasi secara berkala agar
betul-betul dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan Bangsa Indonesia
sesuai CSR Goal Indosat.
Betapapun besarnya masalah yang
dihadapi dunia pendidikan, kesehatan, lingkungan serta permasalahan yang
dihadapi masyarakat Indonesia pada umumnya, maka setiap langkah nyata yang
dilakukan oleh Indosat merupakan tahapan yang berarti untuk menuju masa depan
yang lebih baik.